The New RSBI = Rintisan Sekolah BERKOMUNIKASI Internasional

Seru pembicaraan masalah RSBI yang telah dihapuskan oleh Mahkamah Konstitusi. Permasalahan berikutnya adalah mau diapakan RSBI selanjutnya? Tentu saja the New RSBI harus tidak diskriminasi dan bisa dimasuki oleh siapapun secara gratis dengan pendanaan diambil dari anggaran 20% APBN ataupun APBD. Bagi mereka yang kaya bisa memasukinya, bagi mereka yang kelas menengah bisa memasukinya, dan bagi mereka yang pra sejahterapun dengan mudah bisa memasukinya …..asal memenuhi persyaratannya.  Untuk yang the New RSBI huruf B bukannya sungkatan dari BERTARAF tapi  B tersebut singkatan dari BERKOMUNIKASI.  Sehingga the new RSBI merupakan rintisan sekolah unggulan yang telah ada dengan berdasarkan komunikasi internasional.

Apa persyaratan masuk the New RSBI?

Ketika banyak mahasiswa Indonesia mau sekolah di luar negeri (untuk menempuh jenjang S2 dan S3) di  banyak Negara Asia, Eropa, Amerika, dan Australia, maka salah satu persyaratan utama adalah TOEFL yaitu Test Of English as a Foreign Language. Sehingga menurut hemat saya, bagi siswa yang mau masuk the New RSBI harus lulus TOEFL sebagai persyaratan mutlak. Misal untuk the New RSBI tingkat SLTP harus mempunyai TOEFL minimum 475, dan sedangkan untuk tingkat SLTA harus mempunyai TOEFL minimum 500.  Secara berkala persyaratan-persyaratan tersebut bisa dibangun dan dikembangkan. Misalnya persyaratan bahasa lokal/setempat dan sebagainya.

Apa persyaratan Guru untuk the New RSBI?

Kita mungkin masih ragu tentang kwalitas komunikasi bahasa Inggris para guru yang mengajar di RSBI yang telah dihapus oleh MK tersebut. Agar netral atau fair maka sekolah SLTP atau SLTA yang mau mengajar di the New RSBI harus memiliki minimum 50% gurunya memiliki TOEFL minimum 525. Untuk kepala sekolah minimum beliau mempunyai TOEFL minimum 550. Kesemua persyaratan  tersebut bisa dibangun dan diberlakukan secara bertahap sehingga hasil proses belajar mengajar akan menghasilkan lulusan yang mampu berkomunikasi internasional dan berorientasi global.

Sekolah seperti apa yang bisa menjadi the New RSBI?

Dimasyarakat kita di berbagai daerah telah mempunyai sejumlah sekolah unggulan walaupun tidak dilabeli RSBI sebelumnya. Seperti di Jogja, sekolah unggulan atau fafori di tingkat SLTP adalah SMP 5 dan SMP 8. Sedangkan di tingkat SLTA, Jogjakarta mnemiliki SMA 1 atau SMA Teladan dan SMA 3B atau Padmanaba. Di Madiun SMA 2 sangat popular dan sekolah faforit di daerahnya. Sehingga the New RSBI bisa dikembangkan dari sekolah-sekolah favorit atau sekolah unggulan di berbagai daerah dengan persyaratan TOEFL bagi guru dan siswanya dengan diberlakukan secara konsekuen.

Biaya dari mana untuk the New RSBI?

Agar bisa tidak ada diskriminasi maka biaya the new RSBI harus gratis bisa diakses siapapun baik siswa maupun gurunya.. Jika jumlah minimum guru belum terpenuhi, yaitu 50% guru harus punya TOEFL minimum 525. Kalau suatu sekolah belum mampu menyelenggarakan the RSBI maka mereka bisa memulai dengan Rintisan KELAS BERKOMUNIKASI Internasional. Kurikulum yang telah dibangun pada RSBI lama harus dikembangkan untuk mata ajaran budi pekerti, kedisiplinan/peatuhan, nasionalisme, dan budaya atau kandungan lokal. Biaya operasional the New RSBI biayai oleh APBN dan APBD Sehingga dana 20% APBN dan APBD akan jelas sasaran atau hasil keluarnnya adalah siswa pintar, berakhlak, nasionalis yang mampu berkomunikasi internasional. Jika perlu, seperti RSBI di Jambi, para siswa diasramakan dan 100% gratis. Kita akan melihat dalam the New RSBI di tahun ketiga para siswa akan berkomunikasi berbahasa Inggris baik didalam maupun di luar kelas, baik mereka ketika berkomunikasi antar siswa maupun komunikasi antara guru dan murid di luar dan didalam kelas. Artikel ini hanya sekedar masukan bagi pemerintah atau lembaga terkait. Insya Allah nantinya Indonesia akan mampu melahirkan siswa dan professional yang hebat dimasa datang. Amin

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: